logobaguscctv

Berapa Jarak Pandang CCTV dan Ukuran Lensa

Jasa Pasang CCTV

Jakarta, Jasa Pasang CCTV – Untuk jarak pandang Closed Circuit Television ternyata dipengaruhi juga oleh ukuran lensa pada kamera CCTV.

Ukuran Lensa CCTV

Pada kamera CCTV tolak ukur lensa dinyatakan dalam milimeter (mm) dan merujuk pada panjang fokus lensa. Ukuran lensa merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi bidang pandang (field of view) dan kemampuan kamera dalam menangkap detail jarak jauh.

Dan untuk jarak pandang yang ideal pada CCTV dapat berpatokan dari hal berikut ini :

1. Ukuran Lensa Tetap:

    • 2.8mm: Lensa ini umumnya memberikan bidang pandang yang lebih luas dan cocok untuk pengawasan area luas, seperti ruangan kecil atau koridor.
    • 3.6mm: Juga memberikan bidang pandang yang luas, sering digunakan untuk pemantauan umum di area kecil hingga menengah.
    • 6mm: Lensa ini memberikan bidang pandang yang lebih sempit dan dapat digunakan untuk memfokuskan pada objek atau area tertentu.

2. Ukuran Lensa Variabel (Varifocal):

  • 2.8-12mm: Lensa varifokal memungkinkan pengguna untuk mengubah panjang fokus, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik, seperti pemantauan area yang memerlukan penyesuaian zoom.

3. Ukuran Lensa Zoom:

  • Contoh Zoom Optik (seperti 10x, 20x): Lensa zoom optik memungkinkan pengguna untuk mengubah panjang fokus secara elektronik tanpa kehilangan kualitas gambar. Cocok untuk pemantauan jarak jauh.

Perlu dicatat bahwa ukuran lensa bukan satu-satunya faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih kamera CCTV. Faktor lain seperti resolusi kamera, sensitivitas cahaya (dinyatakan dalam lux), dan fitur-fitur tambahan seperti IR (Infrared) untuk pemantauan malam juga penting untuk dipertimbangkan.

Pemilihan ukuran lensa harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik pengawasan dan karakteristik fisik dari area yang ingin dipantau. Sebagai contoh, untuk pemantauan area luas, lensa dengan ukuran yang lebih kecil (lebar) dapat lebih sesuai, sedangkan untuk pemantauan jarak jauh, lensa dengan zoom optik atau panjang fokus yang lebih besar dapat lebih efektif.

Baca Juga  :  Berapa Lama Rekaman CCTV Tersimpan

*toleransi sekitar 10-30%, oleh karena terdapat perbedaan hasil pengukuran pada beberapa kamera dan objek, Dan untuk jarak pandang ideal bervariasi juga pada masing-masing orang.

Semakin Kecil Ukuran Lensa Maka Semakin Lebar Sudut Pandangnya 

Prinsip pada kamera CCTV yaitu semakin kecil ukuran lensa maka semakin lebar juga sudut pandangnya. Akan tetapi kelemahannya yaitu jarak pandang terhadap objek juga akan semakin menurun.

Namun apabila ukuran lensa semakin besar, maka sudut pandang akan semakin menyempit tetapi jarak pandang terhadap objek akan meningkat. Karena setiap kamera telah mendapatkan bawaan lensa masing-masing maka lensa pada kamera CCTV tidak dapat diubah ataupun diganti.

Akan tetapi jika anda ingin menggantinya, maka anda harus membongkar rangka kamera dan itu akan menyebabkan garansinya hangus.

Hubungan Ukuran Lensa CCTV dan Area Yang Ditangkap.

Apabila ukuran lensa semakin kecil maka semakin lebar pula area yang tampil. Sebagai contoh, lensa 3.6 mm menangkap lebar 28 kaki pada jarak 29 kaki dari kamera. Ukuran lensa 6 mm menangkap lebar lebih kecil, yaitu 17 kaki pada jarak 29 kaki dari kamera.

Baca Juga  :  Mengenal CCTV dan Kegunaannya

Hal ini berarti lensa 6 mm memberikan pandangan sebuah objek benda menjadi lebih detail, lebih fokus dan benda terlihat lebih besar. Ukuran lensa yang lebih besar akan menampilkan gambar yang lebih besar dan lebih detail pada suatu objek, namun akan kehilangan objek lain yang ada di pinggir.

Apabila tujuan Anda adalah untuk melihat objek yang berjarak 29 kaki dari kamera menjadi lebih jelas maka lensa ukuran 6 mm adalah pilihan yang tepat.

Ada dua faktor yang harus anda ketahui untuk memilih lensa yang tepat, yaitu lebar pandang yang dapat ditangkap lensa kamera dan jarak objek dari kamera tersebut.

Ukuran lensa pada kamera CCTV memiliki pengaruh langsung terhadap bidang pandang atau area yang dapat ditangkap oleh kamera. Semakin kecil angka ukuran lensa, semakin lebar bidang pandangnya, dan sebaliknya. Mari kita bahas secara lebih detail:

1. Lensas dengan Ukuran Kecil (Contoh: 2.8mm):

    • Lensa dengan ukuran kecil menyediakan bidang pandang yang lebih lebar. Ini cocok untuk situasi di mana Anda perlu mencakup area yang luas, seperti ruangan kecil atau koridor.

2. Lensas dengan Ukuran Sedang (Contoh: 3.6mm):

  • Ukuran lensa ini memberikan bidang pandang yang moderat, yang baik untuk pemantauan umum di area kecil hingga menengah. Cocok untuk kebutuhan umum yang tidak terlalu luas atau sempit.

3. Lensas dengan Ukuran Besar (Contoh: 6mm atau lebih):

  • Ukuran lensa yang lebih besar memberikan bidang pandang yang lebih sempit. Ini bermanfaat jika Anda perlu fokus pada objek atau area tertentu. Lensa dengan ukuran ini dapat berguna untuk pemantauan jarak jauh atau situasi di mana perlu mempersempit fokus.

4. Lensas Varifokal:

  • Lensa varifokal memungkinkan pengguna untuk mengatur panjang fokus sesuai kebutuhan. Contohnya, lensa varifokal 2.8-12mm dapat disesuaikan untuk memberikan bidang pandang yang lebih lebar atau lebih sempit.

Untuk menghitung bidang pandang secara tepat, beberapa faktor tambahan perlu dipertimbangkan, termasuk ukuran sensor kamera, resolusi kamera, dan jarak antara kamera dan objek yang dipantau.

Penting untuk memilih ukuran lensa yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi CCTV Anda. Jika Anda membutuhkan pemantauan area luas, ukuran lensa yang lebih kecil mungkin lebih sesuai, sementara ukuran lensa yang lebih besar atau lensa zoom mungkin diperlukan untuk pemantauan jarak jauh atau pemantauan dengan fokus pada detail tertentu.

Recent Post