logobaguscctv

Berapa Lama Rekaman CCTV Tersimpan

Jasa Pasang CCTV

Jakarta, Jasa Pasang CCTV – Seperti kita ketahui bahwa kamera CCTV digunakan setiap hari selama 24 jam tanpa henti. Oleh karena itu kita selaku pemilik CCTV seharusnya mengetahui kapasitas maksimum lama penyimpanan rekaman kamera CCTV. Yang nantinya hasil rekaman tersebut tersimpan di perangkat penyimpanan atau memory penyimpanan.

Baca Juga  :  Berapa Jarak Pandang CCTV dan Ukuran Lensa

Apabila ruang penyimpanan hardisk telah habis, maka rekaman kamera CCTV akan hilang. Oleh sebab itu kenapa kamu harus mengetahui berapa lama hardisk penyimpanan rekaman dapat menampung data video tersebut.

Cara Kerja CCTV

Pertama-tama kami akan coba menjelaskan cara kerja Closed Circuit Television terlebih dahulu.  Untuk mengolah dan menampilkan rekaman video, CCTV didukung oleh beberapa perangkat salah satunya adalah hardisk atau memori.

Yang paling pertama dan sangat vital dalam perekaman CCTV adalah DVR.  DVR sendiri berfungsi untuk mengolah rekaman dari kamera CCTV menjadi bentuk digital, untuk di tampilkan ke layar monitor.

DVR nantinya akan terintegrasi dengan hardisk atau memori penyimpanan. Hasil rekaman dari DVR nantinya akan langsung disimpan ke dalam hardisk. DVR menyimpan dan mengolah rekaman  selama 24 jam  dari kamera pengawas ke dalam hardisk.

Pentingnya Mengetahui Kapasitas Hardisk CCTV

Mengetahui kapasitas hard disk CCTV sangat penting karena berkaitan erat dengan kemampuan sistem menyimpan rekaman video. Sebelum kita membahas mengenai cara mengetahui berapa lama rekaman tersebut disimpan, alangkah baiknya mengetahui mengenai kapasitas hardisknya terlebih dahulu. Karena kapasitas hardisk tersebut berpengaruh terhadap berapa lama data hasil rekaman tersebut dapat disimpan.

Baca Juga  :  Mengenal CCTV dan Kegunaannya

Hardisk DVR memiliki kemampuan penyimpanan yang berbeda-beda, mulai dari yang 500 GB, 1 TB, hingga 4TB. Selain berpengaruh pada lama durasi penyimpanan video. Kapasitas hardisk juga berpengaruh terhadap kualitas dan resolusi video yang disimpan.

Semakin tinggi resolusi video atau gambar, maka ruang penyimpanan yang dibutuhkan juga semakin besar. Karena video yang memiliki resolusi tinggi maka ukuran juga menjadi lebih besar.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pengetahuan tentang kapasitas hard disk CCTV sangat penting:

1. Penyimpanan Rekaman:

Kapasitas hard disk menentukan seberapa banyak rekaman video yang dapat disimpan oleh sistem CCTV. Semakin besar kapasitas hard disk, semakin lama Anda dapat menyimpan rekaman sebelum ruang penyimpanan penuh.

2. Durasi Penyimpanan:

Dengan mengetahui kapasitas hard disk, Anda dapat menghitung berapa lama sistem dapat menyimpan rekaman sebelum memulai siklus penulisan ulang. Ini bergantung pada seberapa sering sistem merekam dan berapa banyak ruang yang diperlukan untuk setiap rekaman.

3. Kualitas Rekaman:

Rekaman video dengan kualitas yang lebih tinggi memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan. Dengan mengetahui kapasitas hard disk, Anda dapat menentukan tingkat kualitas rekaman yang diinginkan tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan terlalu cepat.

4. Analisis Data:

Kapasitas hard disk juga berpengaruh pada kemampuan sistem untuk menyimpan data yang diperlukan untuk analisis nantinya. Beberapa sistem CCTV dapat menyimpan metadata atau informasi tambahan yang dapat dianalisis untuk keperluan keamanan atau manajemen.

5. Biaya dan Infrastruktur:

Mengetahui kapasitas hard disk membantu Anda merencanakan biaya dan infrastruktur penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini mencegah pembelian hard disk yang terlalu kecil, yang dapat menyebabkan kehilangan rekaman penting.

6. Kemampuan Pemulihan Data:

Dalam situasi keamanan atau hukum, kemampuan untuk menyimpan rekaman untuk jangka waktu yang lebih lama dapat menjadi kritis. Kapasitas yang cukup memungkinkan penyimpanan data yang memadai untuk keperluan investigasi atau pemulihan.

7. Pemeliharaan dan Pengelolaan:

Mengetahui kapasitas hard disk juga penting untuk pemeliharaan dan pengelolaan sistem CCTV. Pengguna dapat merencanakan penjadwalan pemeliharaan atau upgrade hardware jika diperlukan.

Penting untuk memperhitungkan faktor-faktor ini ketika merencanakan sistem CCTV agar dapat memenuhi kebutuhan pengawasan dan keamanan dengan optimal. Hal ini membantu mencegah kejadian di mana sistem keamanan tidak dapat merekam atau kehilangan rekaman karena ruang penyimpanan yang tidak mencukupi.

Berapa Lama CCTV Menyimpan Rekaman?

Mari kita menghitung lama ketahanan rekaman CCTV pada hardisk. Biasanya, hardisk dengan kapasitas penyimpanan 512 GB dapat merekam 4 kamera CCTV hingga 7 hari lamanya. Yang artinya:

  1. 512 GB : 4 kamera = 128 GB. Maka, untuk satu kamera CCTV, memerlukan kurang lebih 128 GB memori untuk melakukan perekaman selama 7 hari.
  2. 128 GB : 7 hari = 18.2 GB. Maka untuk merekam dalam satu hari, CCTV membutuhkan memori hingga 18 GB.

Hitungan di atas adalah hitungan kasar dan harus melihat jenis CCTV apa yang anda gunakan, ada beberapa faktor lama nya penyimpanan diantarannya

  1. FPS yang tinggi
  2. Kualitas video yang kamera pengawas gunakan – MKV, MP4, H256.
  3. Resolusi rekaman video yang ada.

Recent Post