logobaguscctv

Memilih Power Supply CCTV Yang Bagus

Power Supply CCTV Yang Bagus

BagusCCTV.Com – Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai bagaimana cara memilih power supply CCTV yang bagus. Dan sebelum itu sebaiknya sobat harus mengetahui
Jenis-jenis power supply CCTV yang ada saat ini di pasaran. Jadi simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Agar CCTV dapat berjalan dengan baik maka diperlukan komponen-komponen yang saling terkait dan salah satu komponen penting dalam sistem CCTV adalah power supply atau PSU. Power supply memberikan daya yang diperlukan untuk semua komponen CCTV, termasuk kamera, DVR (Digital Video Recorder), dan perangkat lainnya.

Baca Juga  :  3 Merek CCTV Yang Bisa Dipantau Lewat HP Jarak Jauh Tanpa Wifi

Ada beberapa jenis power supply yang dapat digunakan dalam sistem CCTV, termasuk power supply terpusat yang menghubungkan semua perangkat CCTV ke satu sumber daya, serta power supply terdistribusi yang memberikan daya langsung ke setiap perangkat CCTV.

Pemilihan power supply yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa sistem CCTV berfungsi secara optimal dan dapat diandalkan.

hubungibaguscctv1

Jenis-Jenis Power Supply CCTV

Apakah sobat tahu jika didalam sistem CCTV terdapat beberapa jenis power supply yang dapat dipakai ?. Terdapat beberapa jenis power supply yang umum digunakan dalam sistem CCTV, antara lain:

1. Power Supply Tersentralisasi

Power supply ini yang paling banyak digunakan dalam pemasangan CCTV. Power Supply Tersentralisasi adalah pendekatan dalam sistem elektronik di mana satu unit power supply besar atau terpusat digunakan untuk menyediakan daya untuk beberapa perangkat atau komponen elektronik dalam sistem tersebut.

Dalam sistem CCTV, Power Supply Tersentralisasi mengacu pada penggunaan satu unit power supply yang besar untuk memberikan daya kepada beberapa kamera CCTV, DVR (Digital Video Recorder), dan perangkat CCTV lainnya yang terhubung dalam satu jaringan.

Keuntungan dari pendekatan ini termasuk efisiensi penggunaan sumber daya, manajemen daya yang lebih baik, dan pengurangan kompleksitas instalasi. Namun, kerentanan terhadap kegagalan tunggal adalah salah satu risiko yang perlu dipertimbangkan. Jika ada kegagalan pada power supply utama, semua perangkat yang terhubung ke dalamnya dapat kehilangan daya secara bersamaan.

Pemilihan jenis power supply dan pendekatan distribusi daya haruslah didasarkan pada kebutuhan spesifik sistem CCTV, termasuk jumlah perangkat yang terhubung, jarak antara perangkat, dan keandalan yang diinginkan dalam operasi sistem.

Dibawah ini adalah macam-macam power supply CCTV tersentralisasi:

1.a PSU Jaring

psu jaring

Power supply jaring ini banyak di temukan di toko online dan Power Supply / Switching ini tersedia mulai dari 10 A DC 12 Volt , 20A dan juga 30A. Dan biasanya terdapat keterangan lambang pada PSU ini seperti detail dibawah ini:

Keterangan Lambang :
– Lambang L &N = di hubungkan ke 220 volt AC
– Lambang V- = minus 12 V ( -12v dc )
– Lambang V+ = plus 12V ( +12V dc )
– Lambang ADJ = untuk addjustable DC ( supaya tepat 12 v DC )

Seperti diketahui bahwa kebutuhan power untuk 1 kamera CCTV biasanya membutuhkan 1 Amper, jadi apabila sobat ingin memasang 8 Channel CCTV dapat menggunakan PSU Jaring yang 10 Ampere DC 12 Volt.

Adapun kekurangan PSU jenis ini yaitu Apabila PSU ini rusak maka semua kamera akan mati karena tidak mendapat supply power.

1.b PSU Jaring Box

PSU CCTV Box

Power supply Box ini sebenarnya sama dengan PSU Jaring bedanya power supply ini terdapat box untuk melindunginya.

Kelebihan dari PSU ini adalah masing-masing dilengkapi sama fuse. Apabila terjadi hal-hal tak diinginkan seperti konslet. dikarenakan salah pemasangan, otomatis hanya fuse putus dan tidak kena pada kamera CCTV tersebut.

1.c PSU Mode Switching

PSU Switching mode

PSU Ini berbeda dengan power supply CCTV jaring yang rentan dan mudah rusak apabila mendapat tegangan tinggi, petir dan arus pendek lainnya. Memang, dari harganya saja, power supply jenis ini lebih tinggi dibandingkan dengan power supply jaring yang biasanya.

Selain Hikvison yang mengeluarkan model PSU jenis ini ternyata Dahua pun mengeluarkan produk yang sama dan power supply jenis ini biasanya bergaransi resmi baik itu merek Hikvision maupun Dahua.

KEUNGGULAN dan FITUR :

-Tersedia 8 PORT modul untuk mendukung sampai dengan 8 kamera.
-Setiap modul port channel supply daya 12V 1A.
-dilengkapi indikator LED di setiap portnya.
-Dilengkapi proteksi overload, overcurrent dan short circuit.
-Kualitas PSU ini sangat baik dibanding produk sejenisnya.
-Percayakan segala kebutuhan CCTV anda hanya di TOKO CAMERA CCTV
-Bergaransi Resmi  1 Tahun.

Baca Juga  :  Jangan Salah Pilih, Ini Beda Hardisk CCTV dan PC

2. Power Supply External Adaptor

Adalah jenis power supply yang digunakan untuk menyediakan daya kepada perangkat elektronik eksternal, seperti perangkat CCTV, router, modem, printer, atau perangkat elektronik lainnya.

Umumnya output adaptor yang dipakai untuk CCTV berkisar antara 12V 1A atau 12V 2A. Adaptor ini seringkali berupa perangkat kecil yang terhubung ke perangkat utama menggunakan kabel atau konektor tertentu.

Power supply external adaptor

Misalnya, dalam konteks sistem CCTV, power supply external adaptor dapat digunakan untuk memberikan daya kepada kamera CCTV, DVR (Digital Video Recorder), atau perangkat lainnya. Adaptor ini mengubah arus listrik dari sumber daya listrik rumah tangga menjadi bentuk yang sesuai dengan kebutuhan spesifik perangkat elektronik tersebut.

Power supply external adaptor seringkali mudah digunakan dan memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat mereka ke sumber daya listrik dengan mudah. Mereka dapat dihubungkan langsung ke stopkontak atau ke perangkat listrik lainnya, seperti power strip atau UPS (Uninterruptible Power Supply), tergantung pada kebutuhan dan konfigurasi sistem.

3. PSU Power over Ethernet (PoE)

PSU PoE CCTV

PSU PoE memungkinkan kamera CCTV untuk menerima daya melalui kabel Ethernet yang sama yang digunakan untuk mentransmisikan data. Ini memungkinkan instalasi yang lebih sederhana dan hemat biaya karena menghilangkan kebutuhan akan kabel daya terpisah.

PoE juga memungkinkan manajemen daya yang lebih efisien, memungkinkan pengguna untuk mengontrol dan memantau daya pada setiap kamera secara terpusat.

Kesimpulan

Memilih power supply yang bagus untuk CCTV adalah langkah penting untuk memastikan keandalan dan kinerja sistem pengawasan Anda. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih power supply CCTV yang sesuai:

  1. Daya yang cukup: Pastikan power supply mampu memberikan daya yang cukup untuk semua perangkat CCTV Anda. Hitung total daya yang dibutuhkan oleh kamera, DVR/NVR, dan perangkat lainnya, lalu pilih power supply dengan daya yang sedikit lebih besar dari kebutuhan tersebut untuk memastikan ketersediaan daya yang mencukupi.

  2. Kualitas dan Keandalan: Pilih power supply dari merek yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam industri. Power supply yang berkualitas baik akan memiliki perlindungan terhadap lonjakan tegangan dan arus yang dapat merusak perangkat CCTV Anda.

  3. Perlindungan terhadap Gangguan Listrik: Pilih power supply yang dilengkapi dengan perlindungan terhadap lonjakan tegangan, lonjakan arus, dan perlindungan terhadap petir. Ini akan membantu melindungi perangkat CCTV Anda dari kerusakan akibat gangguan listrik.

  4. Effisiensi Energi: Power supply yang lebih efisien akan menghasilkan sedikit panas dan meminimalkan konsumsi daya yang tidak perlu. Ini tidak hanya mengurangi biaya operasional, tetapi juga dapat meningkatkan umur perangkat CCTV Anda.

  5. Jumlah Saluran: Pastikan power supply memiliki jumlah saluran yang cukup untuk mendukung semua perangkat CCTV Anda. Anda mungkin perlu memilih power supply dengan beberapa saluran untuk mendukung sistem CCTV yang lebih besar.

  6. Desain yang Tahan Lama: Pilih power supply dengan desain yang tahan lama dan kokoh untuk memastikan keandalan jangka panjang. Komponen internal yang berkualitas tinggi dan konstruksi yang solid dapat memastikan bahwa power supply akan bertahan lama dalam lingkungan pengawasan yang keras.

  7. Garansi dan Dukungan: Pastikan power supply dilengkapi dengan garansi yang memadai dan dukungan teknis dari produsen. Ini akan memberi Anda jaminan tambahan dan bantuan jika terjadi masalah dengan power supply.

Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas, Anda dapat memilih power supply CCTV yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan memastikan sistem pengawasan Anda berjalan dengan baik dan andal.

 

 

garansi baguscctv

Demikian penjelasan singkat dari kami tentang Jenis-jenis power supply untuk CCTV. Semoga bermanfaat.

Recent Post