logobaguscctv

Cara Mengatasi Monitor Out of Range Pada DVR Hikvision

mengatasi monitor out of range

Bagi anda yang pernah mengalami masalah ketika menyalakan DVR dan ternyata yang muncul ditampilan monitor adalah keterangan D-SUB Out of Range 67.4 kHz / 60 Hz. Hal tersebut terjadi karena 2 hal, yaitu karena pada saat setting awal DVR Hikvision memilih pilihan “Set the resolution as 1920×1080 to achieve better display effect”. Jadinya resolusi DVR hanya mendukung resolusi monitor yang besar saja.

Pesan “D-SUB Out of Range” pada monitor CCTV biasanya muncul ketika resolusi output dari perangkat yang terhubung tidak sesuai dengan kemampuan resolusi monitor. Ini sering terjadi ketika monitor CCTV mencoba menampilkan sinyal video dengan resolusi yang tidak didukung oleh monitor itu sendiri.

Baca Juga  :  Penyebab CCTV No Video (Video Loss) dan Cara Mengatasinya

Penyebab Monitor CCTV Muncul Out of Range

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor:

  1. Resolusi Tidak Cocok: Monitor mungkin tidak mendukung resolusi yang dipancarkan oleh sumber video CCTV. Ini bisa terjadi jika resolusi output CCTV diatur terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk monitor.

  2. Frekuensi Refresh Tidak Cocok: Selain resolusi, frekuensi refresh juga penting. Jika frekuensi refresh output CCTV terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk monitor, monitor mungkin tidak bisa menampilkan gambar dan akan menampilkan pesan “Out of Range”.

  3. Kabel atau Koneksi Buruk: Kabel yang buruk atau koneksi yang tidak stabil antara CCTV dan monitor bisa menyebabkan masalah ini. Pastikan kabel dan konektor dalam kondisi baik dan terhubung secara tepat.

  4. Driver atau Firmware Perangkat: Terkadang, masalah ini bisa disebabkan oleh driver atau firmware perangkat CCTV atau monitor yang tidak diperbarui atau rusak.

  5. Masalah dengan Monitor: Ada kemungkinan bahwa monitor sendiri mengalami masalah teknis atau kompatibilitas yang menyebabkan pesan “Out of Range” muncul.

Hal tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan dua cara, dan di artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara setting resolusi tampilan monitor pada DVR Hikvision dan bisa juga diterapkan pada DVR Hilook.

Karena saat ini output resolusi pada dvr banyak ukurannya dan hal tersebut perlu untuk kita setting agar dapat tampil di monitor ukuran kecil. Karena tidak semua orang memiliki monitor yang ukurannya besar apalagi fungsinya hanya untuk monitoring saja.

hubungibaguscctv2

Dan permasalahan yang saat ini akan kami bahas disini yaitu bagaimana  cara setting ouput resolusi dvr hikvision agar di monitor tidak muncul keterangan D-SUB Out of Range.

Setting Output Resolusi Monitor Melalui DVR

  • Langkah pertama buka Menu pada dvr kalian kemudian pilih Systemmengatasi monitor out of range
  • Kemudian pada tab General pilih VGA/HDMI Resolution dan pilih resolusi sesuai dengan monitor yang anda punya
  • Lalu Klik Apply untuk menyimpan

Baca Juga  :  Cara Mengatasi Kamera CCTV Tidak Tampil di Monitor

Setting Output Resolusi Monitor Melalui Software SADP dan Browser

  • Langkah pertama yaitu hubungkan laptop atau komputer anda dengan menggunakan kabel LAN ke jaringan yang sama dengan DVR.
  • Download dan Install Software SADP dan Kemudian Buka software SADP yang telah terinstall tersebut untuk mencari tahu IP berapa yang terdapat pada DVR kalian. mengatasi monitor out of range 9
  • Setelah itu lihat IP Address berapa yang muncul dan akan kalian panggil dikomputer untuk disetting resolusinya. Kemudian klik 2x alamat IPv4 Address tersebut. Kemudian nanti akan muncul di browser internet menu login Hikvision seperti gambar dibawah ini  mengatasi monitor out of range 7
  • Login dengan username admin dan pada kolom password masukkan password sesuai dengan password DVR anda. Pilih Configuration –>System Setting->Menu Output–>VGA/HDMI mengatasi monitor out of range 88
  • Kemudian klik Save

Kesimpulan

Dua cara diatas dapat sobat gunakan untuk menyesuaikan resolusi monitor yang anda pakai. Kami menyarankan lebih baik pilih mulai dari resolusi yang terkecil.

Setelah menyimpan pengaturan, pastikan untuk memeriksa apakah resolusi output monitor telah berubah sesuai yang Anda atur. Jika tidak, coba untuk menyegarkan antarmuka atau restart DVR.

Pastikan juga untuk merujuk ke panduan pengguna yang disediakan oleh Hikvision untuk instruksi yang lebih spesifik, karena antarmuka dan langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda tergantung pada model dan versi perangkat lunak DVR.

Recent Post