logobaguscctv

Sharing Printer Error 0x0000011b [Solved]

solusi Error 0x0000011b

BagusCCTV.Com – PC atau laptop sobat tidak bisa print ke printer sharing (printer yang diinstall di PC lain) dapat disebabkan oleh beragam hal. Kemungkinan hal tersebut bisa dari service print spooler yang tidak aktif, koneksi jaringan yang bermasalah, bahkan bisa juga karena terdapat bug Windows update.

Zaman sekarang banyak perangkat keras yang sudah dibekali teknologi yang canggih dan salah satunya adalah printer. Karena selain berfungsi untuk mengeprint dokument printer saat ini juga bisa untuk copy dokumen, dan juga scan.

Selain itu sebagian seri printer khususnya tipe tertinggi mempunyai fitur LAN dan juga WiFi yang bisa digunakan dalam sharing printer.

Dengan adanya fitur tersebut, maka kita dapat melakukan printing tanpa harus menggunakan koneksi USB atau juga memerlukan komputer utama yang menjadi tempat untuk sharing printer.

Dalam sharing printer terkadang juga sering muncul error seperti kode 0x0000011b. Apabila  warning ini muncul maka dapat mengganggu fungsi sharing printer di komputer kamu, dan bisa menyebabkan pengguna tidak dapat printing sama sekali.

Untuk penyettingannya dilakukan di komputer server dan juga komputer client.

Solusi Error 0x0000011b Saat Sharing Printer

Permasalahan ini terjadi karena pada saaat PC client  menghubungkan network printer dari komputer mereka ke PC yang menjadi server printer. Dan penyebabnya adalah karena PC Client menggunakan sistem operasi Windows yang berbeda dengan PC server.

Sobat jangan khawatir, karena untuk mengatasi error 0x0000011b saat sharing printer sangatlah mudah.

Baca Juga  :  Mengenal CCTV dan Kegunaannya

Ada beberapa cara yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini

1. Edit Registri Windows

Update Windows KB5005565 akan meng-enable setingan RpcAuthnLevelPrivacyEnabled pada registri windows. Hal tersebut adalah untuk menambal kerentanan (vulnerabilities) Print Spooler 

Tetapi apabila salah satu komputer (print server atau klien) tidak sesuai dengan RPC_C_AUTHN_LEVEL_PKT_PRIVACY, dapat menyebabkan printer sharing tersebut tidak dapat diakses dengan pesan Printer Error 0x0000011b.

Seperti dikutif dari forum microsoft bahwa menonaktifkan setingan RpcAuthnLevelPrivacyEnabled di registri windows merupakan cara tercepat untuk mengatasi Printer Error 0x0000011b dalam kasus ini.

Cara ini sudah beberapa kali penulis lakukan dan sejauh ini berhasil dengan baik, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Carilah “HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\Print“, dan tambahkan DWORD value baru dengan nama RpcAuthnLevelPrivacyEnabled dengan value data = 0. seperti gambar dibawah.

error-0x0000011b-solved

 

Baca Juga  :  Berapa Lama Rekaman CCTV Tersimpan

  • Buka Windows Registry Editor (regedit)
  • Kemudian arahkan ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Print
  • Kemudian buat DWORD-32 baru dengan nama RpcAuthnLevelPrivacyEnabled set Value Data : 0
  • Selanjutnya Restart PC / Laptop

Recent Post