logobaguscctv

CCTV Xiaomi Tidak Bisa Connect, Simak Caranya!

CCTV Xiaomi Tidak Bisa Connect

BagusCCTV.Com – Pada artikel kali ini, kami akan menunjukkan bagaimana cara mengatasi CCTV Xiaomi tidak bisa Connect. Simak beberapa cara yang akan kami ulas disini.

Mungkin sobat pernah mengalami CCTV Xiaomi Xiaofang milik sobat tidak bisa connect saat dijalankan di aplikasi Mi Home.  Biasanya apabila terjadi Error seperti itu terdapat peringatan kalau perangkat hanya dapat digunakan di negara China, dan peringatannya bertuliskan Use Only in mainland China.

Apakah hal tersebut terjadi karena terdapat Bug pada aplikasi mi Home atau memang dari pihak pabrik xiaomi nya yang mensetting tidak bisa digunakan apabila lokasi di luar Negara China, Tentu saja kita sebagai konsumen sangat dirugikan.

CCTV Xiaomi Xiaofang adalah kamera pengawas yang diproduksi oleh Xiaomi. Kamera ini umumnya dirancang untuk digunakan dalam pengawasan rumah atau kantor. Xiaofang biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur seperti deteksi gerakan, perekaman video, dan dapat diakses melalui aplikasi ponsel pintar Xiaomi.

Baca Juga  :  Kamera CCTV V380, Tipe dan Spesifikasinya

Di Indonesia sendiri saat ini yang paling banyak terjual dari CCTV Xiaomi adalah yang tipe Xiaofang versi China atau versi lokal karena untuk yang versi internasional nya harganya lebih mahal dari yang versi xiofang.

Yang artinya saat sobat menggunakan CCTV Xiaomi Xiaofang atau versi lokal, maka di aplikasi Mi Home sobat harus setting lokasi menggunakan Mainland China atau untuk Mi Home versi terbaru sobat dapat memilih Tiongkok.

Yang menjadi permasalahannya yaitu, walaupun settingan lokasi tidak sobat ubah dan juga tidak merubah menu yang lainnya,  CCTV Xiaofang tetap tidak bisa konek di  aplikasi Mi Home karena terdeteksi bukan di wilayah China.

CCTV Xiaomi Xiaofang

CCTV Xiaomi Xiaofang dapat digunakan di luar wilayah China. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Bahasa dan Pengaturan Awal:

Saat pertama kali mengatur kamera, mungkin Anda akan menemui pengaturan awal dalam bahasa Mandarin dan opsi untuk server Xiaomi di China. Meskipun demikian, biasanya Anda dapat mengganti bahasa dan server selama proses pengaturan.

2. Kompatibilitas dengan Wilayah Lain:

Pastikan kamera Xiaomi Xiaofang kompatibel dengan standar dan regulasi yang berlaku di wilayah Anda, terutama terkait dengan frekuensi Wi-Fi dan peraturan keamanan.

3. Pembaruan Firmware:

Pastikan bahwa firmware kamera diperbarui ke versi yang mendukung penggunaan di luar wilayah China, karena pembaruan firmware dapat memperbaiki masalah kompatibilitas.

4. Server Perekaman:

Kamera mungkin menawarkan opsi untuk menyimpan rekaman di server Xiaomi. Pastikan Anda dapat memilih server penyimpanan yang sesuai dengan wilayah Anda, atau pilih penyimpanan lokal jika lebih nyaman.

Penting untuk memeriksa dokumentasi resmi dan sumber daya online Xiaomi untuk memastikan bahwa kamera dapat berfungsi secara optimal di wilayah Anda. Dalam beberapa kasus, ada perbedaan di antara model atau varian tertentu yang dijual di berbagai wilayah.

Mengatasi CCTV Xiaomi Xiaofang Tidak Bisa Connect

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah ketika CCTV Xiaomi Xiaofang tidak dapat terhubung:


1. Pastikan Koneksi Internet:

Pastikan bahwa kamera dan perangkat pengawas terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Periksa koneksi internet pada perangkat yang digunakan untuk mengakses kamera.

2. Restart Kamera dan Perangkat Pengawas:

Coba restart kamera Xiaomi Xiaofang dan perangkat pengawas yang digunakan untuk mengaksesnya.

3. Periksa Pengaturan Jaringan Kamera:

Pastikan pengaturan jaringan pada kamera sudah benar, termasuk nama SSID dan kata sandi Wi-Fi.

4. Periksa List Perangkat yang Terhubung ke Router

Pastikan bahwa kamera terdaftar sebagai perangkat yang terhubung ke router. Beberapa router memiliki batasan jumlah perangkat yang dapat terhubung, jadi periksa apakah kamera diizinkan untuk terhubung.

5. Perbarui Firmware atau Aplikasi:

Periksa apakah ada pembaruan firmware untuk kamera atau pembaruan aplikasi pengawas di perangkat Anda. Pembaruan ini mungkin mencakup perbaikan bug atau peningkatan kinerja.

6. Reset Kamera:

Jika masalah persisten, pertimbangkan untuk melakukan reset pada kamera dan mengonfigurasi ulang pengaturan jaringannya.

7. Periksa Pengaturan Keamanan Jaringan:

Pastikan bahwa pengaturan keamanan jaringan pada router tidak menghalangi koneksi kamera. Beberapa firewall atau filter MAC address dapat menyebabkan masalah.

Baca Juga  :  Apa itu ONVIF pada IP Camera CCTV?

Jika setelah mencoba langkah-langkah di atas masalah masih belum teratasi, mungkin sobat bisa mengikuti cara ke 2 seperti dibawah ini.

  1. Pertama Update aplikasi Mi Home ke versi terbaru dan cek pilihan lokasi yaitu tiongkok karena Mainland China tidak ada di menu wilayah
  2. Selanjutnya reset CCTV Xiaomi Xiaofang, Tekan tombol Reset di kamera pengawas Xiaomi.
  3. Kemudian buka aplikasi Xiaomi Home untuk proses Setup pilih icon + untuk tambah perangkat di pojok kanan atas.
  4. Selanjutnya koneksikan ulang CCTV dengan smartphone dan Scan ulang QR Code yang ditampilkan sampai selesai.
  5. Kemudian beri nama seperti living room, kitchen, bed room, dll.
  6. Setelah terkoneksi dan CCTV mencoba terhubung akan keluar error dengan adanya notifikasi kalau kamera hanya bisa digunakan di wilayah China.
  7. Kemudian yang harus sobat lakukan, tutup aplikasinya dan buka kembali untuk menampilkan halaman awal Mi Home
  8. Matikan GPS atau lokasi di smartphone sobat, lalu kembali lagi ke tampilan mi Home
  9. Tunggu beberapa saat sampai ada ikon kamera Xiaofang menyala
  10. Jangan masuk ke bagian ikon Xiaofang, masuk ke menu yang ada diatasnya berdasarkan nama ruangan yang sebelumnya anda buat.
  11. Tunggu sejenak, nantinya akan tampil Thumbnail Video, Untuk menjalankan tekan Play
  12. Bila belum tampil juga, tekan tombol kembali dan ulangi prosesnya

Apabila setelah sobat mencoba semua cara di atas dan masalah masih belum teratasi, mungkin diperlukan bantuan dari dukungan pelanggan Xiaomi atau merujuk ke sumber daya online yang berspesialisasi dalam pemecahan masalah perangkat Xiaomi.

Recent Post